STT Bandung Bersinergi Dengan Pemkot Bandung dalam Upaya Dorong Digitalisasi UMKM

Sebagai Campus of Technology Sekolah Tinggi Teknologi Bandung selalu berperan aktif dalam menciptakan inovasi digital guna kebermanfaatan masyarakat luas khususnya Kota Bandung.

Belum lama ini aplikasi “Asik” telah hadir di tengah Masyarakat Kota Bandung, aplikasi tersebut adalah sebagai hasil kolaborasi STT Bandung Dengan Pemerintah Kota Bandung melalui Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Bandung dalam mewujudkan digitalisasi pelaku usaha Kota Bandung pada masa pemulihan ekonomi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung digitalisasi dalam pemasaran produk UMKM melalui sejumlah aplikasi diantaranya Aplikasi Asik yang dikembangkan oleh STT Bandung. Hal itu disampaikan Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Bandung TB. Agus Mulyadi dalam acara “Podcast Bandung Beraksi” Kamis 28 Juli 2022.

“Aplikasi ini (akan menjadi) All About UMKM (Kota Bandung) ke depannya. Dan merupakan kolaborasi dengan STTB (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung),” ujar Agus.

Dikarenakan tuntutan teknologi yang semakin canggih dan berkembang mengharuskan semua aspek harus siap mengikutinya, Agus melihat suatu keharusan pelaku UMKM Kota Bandung untuk menuju digitalisasi.

“Tentu kita harus siap. Soalnya, yang tidak mengikuti akan ketinggalan. Kami akan sempurnakan dengan STTB (aplikasi Asik Bandung).” ucap Agus.

Pada pertemuan silaturahmi yang dihadiri langsung oleh Kabag Perekonomian Setda Kota Bandung TB. Agus Mulyadi, Kepala Diskominfo Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana, Head Sales PT. Cakra Teknologi Indonesia Lucyana Agesti, serta Kepala Prodi Teknik Informatika STT Bandung Aksani Takwim.

Aplikasi penunjang digitalisasi UMKM asik.bandung.go.id. yang dikembangkan bersama STT Bandung ini diyakini oleh Yayan Ahmad Brilyana akan menjadi wadah yang tepat dan memadai dalam proses digitalisasi UMKM Kota Bandung.

Aplikasi yang dikembangkan atas sinergi hebat STT Bandung dengan Pemkot Bandung ini guna mewujudkan aplikasi yang kompleks dengan manfaat lebih besar dalam implementasi penyelenggaraan kompetisi inovasi di STT Bandung .

“Di 2022 ini akan dilaksanakan kembali Innovation Challenge Day di mana ini akan menyasar para pelaku UMKM dengan harapan akan ada lanjutan kerja sama kepada Pemerintah Kota Bandung untuk dapat dikolaborasikan.” Ungkap Ahsani Takwim.

Perihal kontribusi lanjutan STT Bandung bersama Pemkot Bandung kali ini, Danny Aidil selaku Wakil Ketua 1 bidang Akademik STT Bandung menyampaikan perihal proses Pendidikan di STT Bandung yang selalu mendorong Dosen dan Mahasiswanya untuk dapat menciptakan berbagai inovasi yang bermanfaat untuk Masyarakat luas, salah satunya dalam membantu UMKM.

“Kami selalu mendorong Dosen dan Mahasiswa untuk membantu pelaku UMKM baik sebelum hingga pasca pandemi” ungkapnya.

Belum lama ini, STT Bandung juga tengah melaksanakan sebuah kompetisi inovasi Mahasiswa STT Bandung yaitu Innovation Challenge Day (ICD) dengan tujuan membantu UMKM bangkit di masa pandemi. ICD dilaksanakan rutin tiap tahunnya untuk menghasilkan inovasi cerdas yang dapat membantu UMKM.

“Kompetisi inovasi ini (ICD) diharapkan mampu mendukung program UMKM bangkit. ICD sendiri merupakan kompetisi inovasi yang diselenggarakan setiap tahun guna meningkatkan iklim inovasi di STT Bandung. Pada tahun ini ICD mengambil tema Inovasi untuk UMKM dengan harapan manfaat besar dalam membangun ekosistem UMKM yang lebih baik dan maju” Ungkap Herman (Kepala IBEK. STT Bandung).

STT Bandung Selalu Siap Mengambil Peran untuk Kemajuan UMKM

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung 
Jl. Soekarno Hatta No.378 Bandung 40235 
Phone. (+6222) 522 4000 
Fax. (+6222) 520 9272 
Hp. +6281 2222 55 777 / +6287 7888 99 777 
Email. info@sttbandung.ac.id